Kombinasi Latihan Agar Perut Rata

Gunakan bola keseimbangan untuk membantu melakukan gerakan meratakan perut ini.

 

KOMPAS.com – Tak ada cara instan untuk mendapatkan perut rata. Lakukan beberapa latihan ini secara konsisten selama enam bulan jika ingin perut rata lebih lama. Variasikan latihan setiap bulannya. Gerakan yang melibatkan semua bagian tubuh mulai kepala, tangan, kaki dapat membantu Anda meratakan perut.

* Kayak. Latihan kayak dapat menguatkan otot perut Anda. Gerakan mendayung yang dilakukan secara konstan dapat mengencangkan perut Anda dalam waktu lama. Selain melakukan olahraga di gym, sesekali Anda juga bisa melakukan perjalanan yang menyertakan kegiatan kayak di dalamnya.

* Angkat tubuh menyamping. Berbaringlah dengan posisi menyamping, topang tubuh dengan siku kiri, dan lengan juga tangan. Posisi siku sejajar dengan bahu. Perlahan angkat tubuh Anda menjauh dari lantai, sehingga anggota tubuh yang menyentuh lantai hanya lah lengan dan kaki. Tahan sekuat tenaga Anda. Lalu turunkan badan perlahan dan rileks. Ulangi untuk sisi sebaliknya. Lakukan hingga merasa mulai lelah.

* Golf. Olahraga yang satu ini dapat menjadi pilihan variasi latihan untuk meratakan perut, karena gerakan mengayun dalam golf memperkuat area perut Anda. Untuk mendapatkan latihan aerobik, hindari golf cart dan pilih jalan kaki.

* Gunakan bola keseimbangan. Para peneliti dari California State University, Sacramento, menemukan bahwa latihan dengan bola keseimbangan menguatkan otot lebih maksimal dibandingkan yoga atau pilates. Caranya, berbaringlah di lantai dengan wajah menghadap ke atas, letakkan betis pada bola, lengan di samping. Jepit bola di antara betis dan paha dalam, lalu kontraksikan perut, angkat pinggul 8-15 cm dari lantai, dorong lutut ke arah dada, tahan satu detik lalu turunkan.

* Tarik perut ke dalam saat berjalan. Setiap kali Anda jalan kaki, tahan perut dengan menariknya ke dalam. Jika kebiasaan ini sering Anda lakukan, lama-kelamaan perut secara alami akan menarik sendiri ke arah dalam setiap kali Anda beraktivitas.

* Tenis. Latihan tenis beberapa set dapat mengencangkan perut. Setiap kali Anda melakukan gerakan memukul, area perut Anda semakin kuat.

* Menyapu. Kegiatan bersih-bersih di rumah seperti menyapu dapat menjadi latihan efektif untuk mengencangkan perut. Gerakan maju-mundur saat menyapu memengaruhi kekuatan otot perut Anda.

* Latihan dengan kepala dan bahu. Lagi-lagi, latihan angkat tubuh dapat membantu Anda mendapatkan perut rata. Kali ini, berbaringlah dengan posisi tengkurap, lalu letakkan gulungan handuk di lantai untuk menopang dahi Anda. Letakkan tangan di belakang pinggang dengan posisi saling mengenggam. Angkat kepala dan bahu menjauh dari lantai sejauh mungkin. Tahan lalu kembali ke posisi semula.

* Latihan tinju. Salah satu latihan yang bisa Anda variasikan untuk meratakan perut adalah latihan tinju. Latihan kardio dengan aerobic kickboxing efektif membakar lemak.

* Duduk tegak. Setiap kali Anda duduk, di balik kemudi maupun saat bekerja, bayangkan sandaran kursi Anda dipenuhi cat basah atau permen karet, sehingga Anda tak ingin bersandar. Duduklah tegak dengan posisi bahu yang tetap rileks.

* Latihan dengan kaki. Anda bisa memaksimalkan latihan meratakan perut dengan bantuan kaki. Duduklah di kursi tinggi yang membuat kaki Anda bergelantung. Jauhkan punggung dari sandaran kursi, dan duduklah tegak. Luruskan kaki Anda, lalu angkat kaki hingga posisi lutut mendekati dada, lalu turunkan kaku. Pastikan kaki tetap lurus dan jangan menggoyang-goyangkannya. Pastikan kaki Anda dalam posisi lurus saat diangkat.

* Latihan dengan tangan. Tangan Anda juga bisa membantu menciptakan perut rata. Caranya, berbaringlah dengan meletakkan tangan di atas kepala dalam posisi lurus, tarik tangan menjauh dari tubuh seakan ingin meraih sesuatu di atasnya. Kemudian angkat kaki ke atas lalu tekuk. Kencangkan perut, angkat pinggul menjauh dari lantai. Buang nafas saat mengangkat pinggul dan hembuskan nafas saat menurunkan ke posisi awal.

Sumber: MSN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s