Jangan Lewatkan Nonton Bareng Transit Venus

Yunanto Wiji Utomo | Tri Wahono | Selasa, 5 Juni 2012 | 23:10 WIB

Live Streaming KOM info Venus Transit from Keck Observatory

JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena Transit Venus akan terjadi Rabu (6/6/2012) besok mulai pukul 05.10-11.50 WIB. Fenomena ini tergolong langka dan mungkin hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup bagi sebagian orang yang hidup saat ini karena peristiwa berikutnya tahun 2117.

Transit Venus yakni fenomena saat Venus melintas di antara Matahari dan Bumi sehingga akan tampaka seperti titik yang bergerak di Matahrai pada siang hari sebenanrnya dapat disaksikan dengan mata telanjang oleh siapa saja. Namun, akan lebih jelas menggunakan teleskop dan harus berhati-hati agar saat melihat ke Matahari tidak merusak mata.

Beberapa tempat menyediakan alat pengamatan untuk membantu publik melihat fenomena ini dengan lebih aman dan nyaman. Berikut beberapa tempat di Indonesia yang menggelar pengamatan fenomena tersebut:

1. Jakarta

Pengamatan Transit Venus di Jakarta diadakan di Planetarium Jakarta, Jalan Cikini Raya, tepatnya di Taman Ismail Marzuki. Lebih baik datang sekitar pukul 08.00 WIB. Himpunan Astronomi Aamatir Jakarta (HAAJ) dan Planetarium akan menyediakan beberapa teleskop dengan berbagai ukuran untuk melihat.

2. Yogyakarta

Di Yogyakarta, pengamatan fenomena yang juga sering disebut Gerhana Venus itu diadakan di markas Jogja Astro Club di Gejayan, Yogyakarta. Publik bisa ikut menikmati. Acara pengamatan digelar pukul 09.00-12.00 WIB. Beberapa teleskop tersedia untuk membantu pengamatan. Tersedia juga kacamata gerhana yang bisa disewa atau dibeli.

3. Bandung

Observatorium Bosscha sebenarnya juga menggelar pengamatan Transit Venus. Namun, kegiatan pengamatan lebih difokuskan untuk penelitian. Kepala Observatorium Bosscha, Hakim L Malasan, mengatakan bahwa publik yang ingin melihat bisa bergabung dengan Himpunan mahasiswa Astronomi Institut Teknologi Bandung yang akan menggelar pengamatan di kampus.

4. Atambua

Masyarakat Atambua kali ini bisa bergabung dengan Universe Awareness yang akan menggelar pengamatan Transit Venus. Pengamatan akan dilakukan di sekolah wilayah Atambua. Publik Atambua beruntung sebab bisa menyaksikan proses Transit Venus secara keseluruhan.

5. Ambon

Bagi yang tinggal di Ambon, Langitselatan menggelar kegiatan pengamatan Transit Venus sekaligus pelatihan. Koordinator Langitselatan, Avivah Yamani, mengatakan bahwa pengamatan Transit Venus di Ambon akan digelar di Pantai Liang mulai pukul 07.00 WIT. Publik bisa ikut mengamati. Seperti warga Atambua, warga Ambon juga bisa melihat fenomena Transit Venus secara lengkap.

Bagi wilayah lain yang belum mendapatkan akses untuk mengamati Transit Venus secara langsung, tak perlu khawatir. Transit Venus bisa disaksikan lewat livestreaming.

Livestreaming Transit venus salah satunya bisa diakses di link http://hilal.kominfo.go.id/?q=node%2F166.

Link lain yang menyajikan livestreaming Transit Venus adalah http://www.ustream.tv/channel/venus-transit-from-keck-observatory.

Ingat, Transit Venus tak bisa disaksikan secara langsung, harus dengan pelindung. Pengamatan terbaik dilakukan dengan teleskop yang dilengkapi filter. Sementara, untuk praktisnya, pengamatan bisa dilakukan dengan kacamata gerhana.

One thought on “Jangan Lewatkan Nonton Bareng Transit Venus

  1. Pingback: Transit Venus | MTsN Bagor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s