Seram! Begini Racun Rokok Masuk ke Tubuh Manusia

M Reza Sulaiman – detikHealth
Kamis, 02/01/2014 15:54 WIB

Jakarta – Efek buruk merokok memang sudah diketahui oleh banyak orang. Selain menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker paru-paru, stroke, dan tekanan darah tinggi, racun yang ada dalam rokok juga masuk ke otak. Akibatnya antara lain meningkatnya risiko alzhemeir dan dementia pada perokok.

Baru-baru ini The Smokefree Health Harms, organisasi pemantau tembakau dari Amerika, mengeluarkan video tentang bagaimana racun dalam rokok masuk ke paru-paru, peredaran darah dan akhirnya masuk ke otak. Penasaran bagaimana racun rokok masuk ke dalam tubuh? Simak paparannya seperti dikutip dari Reuters pada Kamis (2/1/2014):

Rokok membunuhmu dan orang sekitarmu

1. Rokok Masuk ke Paru-paru

 

Rokok yang dihisap masuk ke paru-paru. Dalam gambar yang dipublikasikan Public Health England, terdapat bercak kehitaman di sekitar dinding paru-paru. Bercak tersebut biasa ditemukan pada paru-paru perokok.

Profesor Dame Sally Davies, Kepala Biro Kesehatan Inggris, mengatakan bahwa satu dari dua perokok meninggal lebih cepat akibat penyakit yang ditimbulkan oleh rokok. “Namun jangan khawatir. Jika Anda berhenti merokok, dalam lima tahun risiko stroke yang Anda alami akan sama dengan mereka yang tidak merokok,” ujarnya.

Racun Rokok masuk ke Paru-paru

2. Pembuluh Darah Membawa Racun

 

Setetelah masuh ke paru-paru, racun yang mengendap di paru-paru terbawa oleh pembuluh darah. Dapat dilihat dari gambar yang dipublikasikan Public Health England,ada sekelompok zat berwarna hitam yang terbawa oleh pembuluh darah.

“Bahaya rokok memang tidak terlihat namun dapat dirasakan. Foto-foto ini dapat membuat perokok melihat apa sebenarnya yang terjadi pada organ tubuh bagian dalam mereka,” ujar Professor Kevin Fenton dari Public Health England.

3. Racun Menuju Jantung

 

Zat-zat racun kemudian terbawa dari paru-paru menuju jantung. Di gambar yang dipublikasikan Public Health England, dapat dilihat lebih jelas bahwa zat-zat tersebut mengotori darah. Setelah masuk ke jantung, darah-darah yang mengandung racun tersebut akan dipompa ke seluruh tubuh.

Pembuluh darah membawa racun

Joe Korner dari Stroke Association mengatakan bahwa perokok memiliki risiko dua kali lebih besar untuk menderita stroke. Stroke adalah penyebab terbesar kematian dan disabilitas pada orang dewasa.

 

4. Racun Masuk ke dalam otak

Racun yang terdapat dalam pembuluh darah akhirnya dipompa jantung menuju otak. Racun-racun tersebut pun menyebar melalui pembuluh darah otak yang terhubung dengan sistem saraf.

“Dari pertama kali dihisap, nikotin dapat langsung mencapai otak hanya dalam waktu 20 detik,” ujar Dr dr Nurmiati Amir, SpKJ, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

5. Racun ada di dalam otak

Dari gambar yang dipublikasikan Public Health England, dapat terlihat lebih jelas bahwa zat hitam yang berupa racun benar-benar hinggap dan bersarang di otak. Dr Gareth Hagger-Johnson dari University Cpllege London menjelaskan bahaya rokok terhadap otak. “Penurunan kemampuan kognitif dan ingatan seseorang akan lebih cepat jika ia perokok. Penelitian kami membuktikan bahwa pada perokok, penurunan tersebut 38 persen lebih cepat daripada yang tidak merokok,” ucapnya.

Racun didalam Otak

Racun menuju otak

Racun Menuju Jantung

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s